Khasiat Sirih Merah Untuk Mimisan Yang Berbahaya

Khasiat Sirih Merah Untuk Mimisan Yang Jika Dibiarkan Berbahaya - Khasiatsirihmerah.com,- Salah satu manfaat daun sirih untuk kesehatan yakni dipercaya secara tradisional dapat menghentikan pendarahan saat mimisan. Mengapa daun sirih bisa menyembuhkan mimisan? Khasiat sirih merah untuk mimisan sudah dikenal sejak zaman dahulu. Kandungan senyawa kimia yang terdapat pada sirih merah seperti eugenol, methyl eugenol, tanin, dan diastase dapat menghentikan pendarahan saat mimisan. Sebenarnya, tidak hanya pada saat mimisan, daun sirih merah juga bisa menghentikan pendarahan saat luka.

khasiat sirih merah untuk mimisan

Khasiat Sirih Merah Untuk Mimisan

Mimisan sendiri terjadi karena sobeknya selaput lendir tipis pada bagian dalam hidung, sehingga lubang hidung mengeluarkan darah. Darah baru berhenti keluar jika darah tersebut mulai membeku, namun mencair kembali saat suhu tubuh meningkat dan beraktivitas di bawah sinar matahari.

Sebelum masuk ke ulasan khasiat sirih merah untuk mimisan, anda sebaiknya mengetahui terlebih dahulu penanganan pertama saat mimisan. Jika terjadi mimisan, anda dianjurkan untuk duduk tegak dan jangan berbaring. Posisi duduk akan mengurangi tekanan pada pembuluh darah di hidung, sehingga bisa mengurangi pendarahan. Condongkan tubuh agak ke depan agar darah keluar melalui hidung. Kemudian gunakan ibu jari dan telunjuk untuk menekan hidung selama 10 menit. Barulah jika beberapa penanganan itu sudah dilakukan, saatnya anda menyiapkan sirih merah sebagai obat mimisan.

Khasiat sirih merah untuk mimisan juga dipengaruhi oleh kandungan antiseptik yang tinggi. Sehingga selain untuk mimisan, sirih merah sangat ampuh mengobati bau badan dan mulut. Bisa juga menyembuhkan luka dan ruam pada kulit. Lalu, bagaimana cara mendapatkan khasiat sirih merah untuk mimisan? Di bawah ini akan membahas cara mengolah sirih merah agar mendapatkan khasiat sirih merah untuk mimisan.

  • Siapkan 1 lembar daun sirih murah yang agak muda.
  • Bersihkan sirih merah dari debu dan kotoran.
  • Kemudian memarkan dan gulung kecil daun sirih merah.
  • Sumbatkan pada hidung yang mengalami pendarahan.

Cara ini biasanya dapat menghentikan pendarahan dalam beberapa menit saja. Daripada hanya menggunakan kapas saat terjadi pendarahan pada hidung, sebaiknya menjadikan sirih merah sebagai obat mimisan.

Sebagai catatan, agar mendapatkan khasiat sirih merah untuk mimisan secara optimal, anda bisa menekan daun sirih merah hingga mengeluarkan sedikit minyak. Ini dilakukan saat anda menggulungnya dan sebelum dimasukkan ke hidung. Minyak itulah yang berguna untuk mencegah dan menghentikan pendarahan pada hidung.

Mimisan sendiri biasanya disebabkan oleh berbagai hal. Faktor pemicunya bisa dari penggunaan obat-obatan, keturunan dan penyakit. Seperti saat anda buang ingus terlalu kencang, bisa menimbulkan mimisan. Saat mengorek hidung atau terjadi benturan bisa saja melukai dinding hidung dan terjadilah mimisan. Selain itu, bisa juga disebabkan faktor cuaca, udara yang kering dan dingin akan menjadikan lapisan dalam hidung lebih rentan terluka dan terinfeksi.

Itulah ulasan singkat mengenai khasiat sirih merah untuk mimisan. Ingat artikel ini jika anda mengalami mimisan. Semoga Bermanfaat.