Khasiat Sirih MErah Untuk Diare Pada Anak dan Dewasa

Khasiat Sirih Merah Untuk Diare - Khasiatsirihmerah.com,- Tahukah anda bahwa daun sirih merah berkhasiat sebagai obat herbal diare? Ya, khasiat sirih merah untuk diare memang belum dikenal banyak orang. Tapi, anda bisa mencobanya saat diare menyerang anda, suami, istri, anak atau saudara anda. Cara mengolah sirih merah untuk obat diare juga sangat mudah, bahkan bisa dilakukan oleh siapa saja.

Diare juga dibagi ke dalam beberapa jenis berdasarkan lamanya. Pertama, Diare akut apabila diare yang berlangsung kurang dari 2 minggu. Kedua, diare persisten jika berlangsung dalam waktu 2-4 minggu. Ketiga, diare kronik jika berlangsung selama 4 minggu. Diare sendiri bisa disebabkan oleh infeksi virus ataupun bakteri seperti Shigella, Salmonella, E. Coli, dan Campylobacter.

khasiat-sirih-merah-untuk-diare

Khasiat Sirih Merah Untuk Diare

Diare, dalam istilah yang lebih akrab disebut dengan mencret. Penyakit ini membuat tinja menjadi lebih lembek, bahkan umumnya menjadi cair. Berlangsung paling sedikit 3 kali atau lebih dalam 24 jam. Berikut gejala-gejala yang bisa dikenali pada penderita diare:

  • Rasa mulas yang berkelanjutan diikuti dengan buang air besar secara terus menerus.
  • Mual, muntah dan lemas karena dehidrasi.
  • Perut sering berbunyi, bukan karena lapar tapi karena diare yang menyerang.
  • Pada beberapa orang, diare juga menyebabkan pegal pada punggung.

Demikian gejala yang sering muncul pada penderita diare. Nah jika di lingkungan sekitar ada sirih merah, jangan ragu untuk memanfaatkan khasiat sirih merah untuk diare. Anda juga tidak perlu bingung bagaimana cara mengolah sirih merah untuk obat diare, karena di bawah ini akan dibahas mengenai cara mendapatkan khasiat sirih merah untuk diare.

  • Siapkan 5 lembar daun sirih merah.
  • Siapkan juga 5 biji merica dan 1 sendok makan minyak kelapa asli.

Jika semua bahan sudah siap, anda bisa mulai menumbuk bahan-bahan yang tersedia. Tumbuk hingga semua bahan halus secara merata. Hasil tumbukan tersebut kemudian digosok-gosokkan ke bagian perut. Lakukan 3 kali sehari hingga gejala diare pun menghilang.

Mengapa khasiat sirih merah untuk diare cukup manjur? Karena kandungan tannin bekerja dengan cara mencegah enzim ekstraseluler mikroba mengambil alih substrat yang dibutuhkan pada pertumbuhan mikroba. Atau bekerja secara langsung pada metabolisme melalui penghambatan fosforilasi oksidasi.

Cara mendapatkan khasiat sirih merah untuk diare memang mudah dan dijamin tidak akan menimbulkan efek samping yang membahayakan. Bahkan anda tidak perlu meminumnya, sehingga anda tidak akan merasakan pahit atau getir dari daun sirih merah. Jika diare tak kunjung sembuh dalam beberapa hari, sebaiknya berkonsultasi langsung dengan dokter. Hal ini penting dilakukan agar mencegah keterlambatan mendapatkan tindakan medis. Jangan anggap sepele diare karena bisa saja berujung kematian.

Itulah ulasan mengenai khasiat sirih merah untuk diare, bahan dan cara mengolahnya pun sangat mudah. Semoga Bermanfaat.