Khasiat Sirih Merah Menghilangkan Bau Mulut Dan Cara Membuatnya

Khasiat Sirih Merah Menghilangkan Bau Mulut - Khasiatsirihmerah.com,- Khasiat sirih merah menghilangkan bau mulut sudah terbukti ampih sejak zaman nenek moyang dahulu. Bahkan anda mungkin tahu kebiasaan “nyirih” yang sering mereka lakukan. Budaya nenek moyang itu bukan saja mengisi waktu luang, tetapi bertujuan untuk menjaga kesehatan mulut, gigi dan gusi. Sehingga bisa menghilangkan bau mulut dan nafas tetap segar meskipun saat itu belum menggunakan pasta gigi.

khasit sirih merah menghilangkan bau mulut

Khasiat Sirih Merah Menghilangkan Bau Mulut

Sirih mengandung aroma khas yang berasal dari minyak esensial di dalamnya, seperti metil eugenol, eucalyptol dan asam stearat. Senyawa tersebutlah yang membuat khasiat sirih merah menghilangkan bau mulut. Bahkan sebuah penelitian dari “Asian Pacific Journal of Cancer Prevention (2011)” juga menyatakan bahwa manfaat mengunyah daun sirih (bukan memakan) bisa mencegah bau mulut, membuat nafas menjadi lebih segar dan merawat kesehatan gigi ataupun gusi.

Khasiat sirih merah menghilangkan bau mulut bisa anda dapatkan dengan cara mengolah sirih menjadi ramuan tradisional. Untuk membuatnya pun sangat mudah, anda tidak perlu menghabiskan banyak uang dan peralatan. Simak cara mengolah sirih merah di bawah ini untuk mendapatkan khasiat sirih merah menghilangkan bau mulut.

  • Sediakan daun sirih merah sebanyak 7 lembar.
  • Air bersih 1 mangkuk.
  • Cuci daun sirih merah hingga bersih, usahakan menggunakan air mengalir.
  • Ambil mangkuk yang berisi air tadi, masukkan daun sirih merah ke dalamnya.
  • Remas-remas selama beberapa menit hingga daun hancur.
  • Saring air daun sirih merah.

Ingat, cara penggunaan ramuan ini bukan diminum. Anda cukup menggunakan air yang sudah disaring untuk berkumur pada pagi dan malam hari menjelang tidur. Agar khasiat sirih merah menghilangkan bau mulut lebih optimal, lakuk secara rutin setiap hari. Dijamin bau mulut tidak sedap akan hilang, nafas pun lebih segar secara alami.

Dalam istilah kedokteran atau medis, bau mulut tidak sedap diistilahkan dengan nama halitosis. Penyebab bau mulut juga beragam, mulai dari jarang menggosok gigi, cara menggosok gigi yang kurang benar (bukan salah, karena setiap orang pasti bisa menggosok gigi), mengkonsumsi makanan yang agak berbau seperti bawang merah, bawang putih, petai, jengkol, dan telur. Selain itu, bau mulut juga bisa disebabkan karena adanya masalah kesehatan pada mulut, gigi dan gusi.

Jadi pada intinya, sebelum mendapatkan khasiat sirih merah menghilangkan bau mulut, anda harus menjaga kebersihan gigi dan mulut. Biasakan untuk menggosok gigi minimal 2 kali sehari, yakni pada pagi dan malam hari menjelang tidur. Jangan lupa untuk meninggalkan mulut dalam keadaan bersih setelah mengkonsumsi makanan tertentu. Olahan daun sirih merah sebagai obat herbal memang tidak diragukan lagi. Kandungan zat-zat alami yang lebih komplit dibandingkan produk olahan pabrik menjadi nilai plus tersendiri.

Bukan bukan cara mengolah sirih merah? Itulah ulasan singkat mengenai khasiat sirih merah menghilangkan bau mulut yang bisa anda coba saat gangguan kesehatan mulut menyerang. Semoga Bermanfaat.