Kandungan Sirih Merah Yang Baik Untuk Kesehatan

Kandungan Sirih Merah Yang Bagus Untuk Kesehatan - Khasiatsirihmerah.com,- Nama ilmiah untuk sirih merah adalah Crocatum Piper. Tumbuhan ini memiliki daun yang berbentuk seperti hati dan berwarna merah kehijauan. Sirih merah sendiri biasanya sangat mudah dibudidayakan di daerah dataran tinggi. Namun umumnya bisa dibudidayakan di berbagai daerah di Indonesia karena relatif cocok dengan struktur tanamannya sendiri. Untuk membudidayakannya, anda tinggal memotong bagian batang sirih merah kemudian masukkan ke polybag berisi tanah. Letakkan di sekitar area yang lembab (tidak terkena cahaya matahari langsung).

kandungan sirih merah

Kandungan Sirih Merah Yang Bagus Untuk Kesehatan

Karena sirih merah sangat baik untuk dijadikan sebgai pengobatan, tentunya memiliki kandungan zat didalamnya. Berikut kandungan sirih merah yang sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Zat Antioksidan

Kandungan sirih merah yang pertama adalah zat antioksidan, manfaatnya bisa mencegah kanker. Sebagai tumbuhan anti-inflamasi, anti septic dan antideabetik, sirih merah bisa memberikan manfaat yang begitu besar. Zat Flavonoid Polivenol juga terdapat pada kandungan sirih merah.

Alkaloid

Sirih merah mengandung zat alkaloid sehingga bisa memberikan perlindungan bagi tubuh. Kandungan sirih merah berupa alkaloid ini bisa menghambat pertumbuhan sel kanker.

Zat Karvakol

Daun sirih merah bermanfaat untuk mengobati gatal-gatal pada kulit, sehingga tidak heran jika sirih merah berguna sebagai obat alami anti jamur. Kandungan sirih merah berupa zat karvakol digunakan sebagai obat alami disinfektan dan anti jamur.

Senyawa Eugenol

Kandungan sirih merah berupa senyawa eugenol bermanfaat sebagai salah satu obat alami analgesic. Masyarakat menyebutnya sebagai obat alami penenang, senyawa tersebut memang aman digunakan.

Senyawa Kimia Tannin

Senyawa ini memiliki peran untuk kesehatan tubuh karena berguna sebagai obat alami penyembuh masalah diare. Selain itu juga bermanfaat sebagai obat herbal antiseptic penyembuh luka sayat.

Saponin

Saponin merupakan glikosida yang bisa membentuk basa dalam air. Jika dihidrolisis dengan asam, akan menghasilkan gula dan spogenin yang sesuai. Kandungan sirih merah berupa saponin bisa dideteksi berdasarkan kemampuannya membentuk busa dan menghemolisis sel darah dan bisa digunakan sebagai antimikroba.

Minyak atsiri

Kandungan sirih merah berupa minyak atsiri bisa berguna untuk menghilangkan bau mulut dan sebagai antiradang dan antiseptik. Minyak atsiri itu mudah menguap dan berbau wangi sehingga sangat cocok mengatasi masalah bau mulut.

Seperti yang telah disinggung di atas, kandungan sirih merah memang sangat baik untuk kesehatan. Seperti kandungan antioksidan, yang merupakan senyawa penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Fungsinya sebagai penangkal radikal bebas yang terbentuk baik dalam makanan atau obat luar tubuh.

Radikal bebas merupakan senyawa yang keadaannya bebas dan mempunyai satu atau lebih elektron bebas. Radikal bebas tersebut mudah menyerang sel-sel sehat dalam tubuh, sehingga jika pertahanan tubuhnya kurang, sel-sel sehat tersebut menjadi sulit berkembang. Disitulah peran antioksidan dalam menangkal radikal bebas. Itulah ulasan mengenai kandungan sirih merah yang bisa dibahas. Semoga Bermanfaat.