Jenis-jenis Daun Sirih Dan Ciri-cirinya

Jenis-Jenis Daun Sirih Yang Tidak Semua Orang Tahu - Khasiatsirihmerah.com,- Masyarakat sering menggunakan daun sirih sebagai antiseptik yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Daun sirih memang dikenal sebagai tumbuhan herbal yang kaya akan berbagai manfaat. Namun ternyata daun sirih juga memiliki jenis yang bermacam-macam. Jenis-jenis daun sirih ini bisa anda temukan di lingkungan sekitar baik yang digunakan untuk tanaman obat ataupun tanaman hias saja.

jenis-jenis daun sirih

Jenis-Jenis Daun Sirih dan Ciri-cirinya

Jenis daun sirih putih

Jenis daun sirih yang pertama ini memiliki daun berwarna hijau dilengkapi dengan totol-totol warna putih. Akan tetapi, jika daun sirih ini mulai tua, maka warna putihnya akan hilang dan berubah menjadi warna hijau. Beberapa orang yang masih mempercayai hal-hal ghaib menjadikan daun sirih putih sebagai syarat ritual.

Jenis daun sirih wulung

Yang kedua, jenis-jenis daun sirih ini dinamakan wulung. Daun sirih wulung terbilang langka keberadaannya. Di Jawa, daun sirih wulung disebut juga dengan daun sirih kraton. Untuk mengenalinya anda bisa menemukan warna ungu pada daun ketika daunnya disinari cahaya dari bawah.

Jenis daun sirih perak

Jenis dauh sirih ini umumnya digunakan sebagai tanaman obat. Namun di Indonesia sendiri, daun sirih perak hanya digunakan sebagai tanaman hias. Daun sirih perak tampak indah saat dijadikan tanaman hias.

Jenis daun sirih philipin

Jenis-jenis daun sirih yang selanjutnya adalah daun sirih philipin. Jenis ini juga termasuk langka, rupanya mirip dengan sirih merah. Untuk membedakannya, lihat saja bagian bawah dari daun sirih philipin ini tidak berwarna merah.

Jenis daun sirih jalu

Daun sirih jalu ini memiliki warna kuning di sekitar pangkal dan tengah daunnya. Karena warnanya yang indah itu, tidak salah juga jika banyak orang yang menjadikan daun sirih jalu sebagai tanaman hias. Jenis-jenis daun sirih bisa anda koleksi di Rumah baik sebagai tanaman hias ataupun tanaman obat.

Jenis daun sirih irian

Selanjutnya, jenis-jenis daun sirih yang bisa anda kenali adalah Daun Sirih Irian. Daun sirih ini sering dijadikan sebagai lalapan karena memberikan cita rasa yang cukup enak dan wangi. Ciri yang bisa ditemukannya yakni memiliki ukuran daun yang lebar.

Jenis daun sirih gading

Daun sirih kuning, itulah nama lain dari jenis-jenis daun sirih ini. Daun sirih gading memiliki rupa yang mirip dengan sirih hijau, hanya warnanya lebih muda dan cenderung berwarna kekuningan seperti pupus daun. Selain dijadikan tanaman hias, daun sirih ini juga lebih manjur untuk pengobatan herbal.

Jenis daun sirih hati

Jika sebelumnya daun sirih irian memiliki ukuran daun yang lebar, maka daun sirih hati memiliki daun yang paling kecil diantara jenis-jenis daun sirih yang lain. Ukuran batangnya pun sangat kecil, daunnya hanya berukuran sebesar uang koin Rp. 100.

Jenis daun sirih merah

Jenis-jenis daun sirih yang terakhir ini memiliki 2 manfaat sekaligus, selain tampak indah sebagai tanaman hias, daun sirih merah bisa dijadikan sebagai bahan pengobatan. Jenis daun sirih merah banyak dicari orang karena bisa dijadikan tanaman hias di depan Rumah.

Itulah ulasan mengenai jenis-jenis daun sirih yang bisa dibahas. Tertarik untuk menjadikan daun sirih sebagai tanaman hias atau tanaman obat? Semoga Bermanfaat.